Home

Manusia Berencana, Tuhan Menentukan

January 13, 2013

“Manusia Berencana, Tuhan Menentukan”
Quote yang ga akan pernah salah sepanjang jaman๐Ÿ™‚

I’ve been learning gentle birth since conceiving Sograt 2 years ago..
Dan sampe skrg ga pernah ganti haluan, selalu dan selalu akan setuju dengan segala metode gentle birth.
Sampai2 kadang jadi ekstrem begitu denger ada kerabat yg melahirkan caesar, atau denger obat2an dll dll. Tapi, setelah banyak belajar dan banyak mikir..
Sebenernya bukan metode di luar intervensi yang bikin gw gondok..
Melainkan malesnya orang2 tersebut untuk belajar dan memberdayakan diri utk memberikan yang ter-gentle untuk badan mereka sendiri dan tentunya anak2 mereka.. *sigh*
Kayak kejadian sama sodara sendiri bulan lalu, dr awal udh ku cekokin soal gentle birth, dimasukkin ke grup GBUS, di tag tiap ada artikel2 yg bagus, lhaaaa pas lahiran malah sukarela minta sc karena ga tahan mules kontraksi (ห˜_ห˜”)
Embeerrrrr… Mules kontraksi mungkin adalah salah satu rasa paling sakit yang bisa dialami tubuh, no doubt about it deh =)) Cuma masalahnya baru sebentar udah nyerahnya itu yg bikin gondok ( ห‡ ฮต ห‡ )
Pdhl udh disemangatin terus, dkirimin bacaan2 induksi alami, dkirimin pic senam2 dih teteupp aja brekele.. *masih gondok*

Ok stop, lanjut kembali ke judul…

Sadly, gw sendiripun akhirnya harus menjalani tindakan yg bernama operasi caesar tersebut (ห˜_ห˜”)
Satu hal yang sangat sangat sangat gw hindarin dr awal dgn banyak belajar, banyak baca dan banyak memberdayakan diri.. Sedih, kesel, gondok, nyesel, dll..
Sampai sekarangpun masih tetep berusaha untuk berdamai dengan diri sendiri atas keputusan tsb.
Meski bukan gw yg minta, meski hal tsb hrs dilakukan untuk menyelamatkan anakku.. Tetep masih ada yang ganjel๐Ÿ˜ฆ
Sejuta pertanyaan2 tak terjawab masih aja terngiang2 sampe sekarang.. Apa iya ini keputusan terbaik?
Apa iya sc tsb hrs dilakukan?
Apa aku terlalu parno dan ga sukses meng-affirmasi diri untuk ga parno? Apa.. Apa.. Apa.. Apa…

But things has been done..
i am now a mother of a premature child..
Udah seharusnya aku berhenti mempertanyakan sejuta pertanyaan2 tsb, dan mulai lebih berkonsentrasi untuk memberikan perawatan yang paling baik dan paling gentle untuk #babyL

Operasi Caesar bukan berarti #babyL ga bisa ngejalanin kehidupan yang pro gentlebirth..
Bukan berarti #babyL ga berhak dapet perawatan yang maksimal cuma karena ibunya masih aja kecewa ga bisa lahiran normal..
Toh dari awal aku juga udah memasukkan wacana utk menerima segala intervensi medis jika hal tersebut memang bener2 hrs dilakukan demi nyelamatin #babyL and myself..
Lagipula itu jg salah satu syarat dari babehnaa waktu dia menyatakan akan selalu mendukung proses pemberdayaan diri demi gentlebirth.. Kita sama2 setuju untuk tdk memaksakan diri dan menerima segala jenis intervensi medis apabila memang bener2 harus dilakukan..

And now, here i am..
Akhirnya seorang ibu..
Yang masih harus banyak belajar..
Yang masih harus banyak memberdayakan diri di level selanjutnya, merawat dan membesarkan anak..

Manusia berencana, Tuhan menentukan..
No doubt about that๐Ÿ™‚

ยคMySograt&Lโ€ขBerryยฎยค

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: